WORTA Kemasan Baru

WORTA_Front

Tanpa launching resmi, diam-diam Pokja KTB (Kelompok Kerja - Kelompok-kelompok Tani Blumbang) Tawangmangu bergerak selangkah ke depan dengan munculnya minuman instan Wortel dengan merek WORTA berkemasan spektakuler, berisi 10 saset yang berarti cukup untuk diminum 10 gelas.

Spektakuler, demikian kira-kira kata pengganti yang pas, yang disitir dari beberapa bule yang tinggal di Solo dan sekitarnya saat pertemuan antara beberapa kelompok tani dengan Solo Expatriate Association di rumah makan Mama Titin yang berada di jalan Dr. Radjiman Solo, Surakarta.

Pada pertemuan 27 Agustus malam lalu, para bule berpendapat, "Wah ini tulisannya tinggal diganti pake bahasa Inggris sudah bisa diekspor." Byuh byuh byuh ... boro-boro diekspor, untuk konsumen dalam negeri aja belum terkelola dengan baik. Ya, permintaan pasar dalam negeri memang masih belum tergarap dengan baik. Pokja KTB masih harus belajar banyak untuk usaha, tanpa harus menindas anggotanya.

Dalam salah satu usaha Pokja KTB ini, nuansa FAIR TRADE sangatlah kental. Wortel yang diolah, berasal dari hasil panen para anggotanya. Wortel ini dibeli dengan harga yang sepantasnya untuk mengganti proses budidaya yang dilakukan petani.




Dengan bersatu dalam produksi dan pemasaran WORTA, setidaknya anggota menerima beberapa manfaat:
  • Harga jual wortel segar cukup pantas
  • Bagian hasil jika ikut membuat wortel instan
  • Bagian hasil jika ikut memasarkan
  • Bagian hasil dari keuntungan kelompok (sisa hasil usaha)
Keuntungan lainnya cukup banyak, antara lain:
  • Melestarikan wortel varietas lokal Tawangmangu
  • Membuka lapangan kerja baru, melalui proses produksi wortel olahan, pengemasan, pemasaran
  • Menegaskan posisi Tawangmangu sebagai lokasi wisata, melalui oleh-oleh khas Tawangmangu.
Jika Anda sudah dalam usia 50 tahun ke atas, daripada mengunyah wortel setiap hari, lebih baik meminum produk ini. Unsur carotene yang terkandung dalam produk ini bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan (kesehatan mata) bagi orang tua maupun para "pengamat" layar monitor atau TV serta mempercepat penyembuhan patah tulang, setidaknya demikian komentar beberapa pemakai produk ini.

Pemuda Tani Sukoharjo